Nurjihan, Nofi (2018) Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Miftahul Huda Banding Kecamatan Sukadana Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
COVER SKRIPSI.pdf - Other Download (14MB) | Preview |
Abstract
Proses meningkatkan hasil belajar siswa, pada intinya bertumpu padaguruuntukmenciptakan interaksi yang efektif dalam proses pembelajaran. Dalam prosesmeningkatkan hasil belajar tersebut tidak jarang timbul penyimpangan yang diakibatkan oleh ketidaksiapan siswa memahami konsep yang diajarkan, atau diakibatkan siswa yang membutuhkan contoh yang konkrit. Cara untuk mengatasi keadaan demikian ialah penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Media dalam kegiatan tersebut disamping sebagai penyaji stimulus informasi, sikap dan juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas V MI Miftahul Huda Banding Kecamatan Sukadana, yang berjumlah 18 siswa yang terdiri 9 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, analisis data dihitung dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata dan menghitung presentase.
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Miftahul Huda Banding Kecamatan Sukadana tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di MI Miftahul Huda Banding Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V di MI Miftahul Huda Banding Tahun Pelajaran 2018/2019. Halini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan pencapaian KKM ≥65 pada siklus I sebesar72,22% dan ketuntasan siklus II mencapai 100%. Sehingga ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalamipeningkatan sebesar 27,78%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 02:23 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 02:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1050 |
Actions (login required)
View Item |