Zen, Muhamad (2024) Penerapan Aplikasi Ceria Digital Terhadap Kepuasan Anggota BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Cabang Purbolinggo (Studi Kasus BMT Assyafiiyah Kc. Purbolinggo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
MUHAMAD ZEN_2003020025.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan digitalisasi perbankan meluncurkan adanya mobile banking, yang membuat lembaga keuangan non bank seperti BMT Assyafiiyah Berkah Nasional harus bisa bersaing dalam memberi pelayanan digital guna mempertahankan anggotanya dan mencari calon anggota baru. Sehingga BMT Asyafiiyah memberikan layanan digital dalam bentuk aplikasi Ceria Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan aplikasi Ceria Digital terhadap kepuasan anggotanya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu jenis penelitian data yang dikumpulkan berupa angka-angka data yang berasal dari angket atau kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Kemudian anggota BMT Assyafiiyah cabang Purbolinggo sebagai populasi dengan kriteria sudah menggunakan aplikasi ceria digital. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana sampel yang diperoleh adalah 52 responden, dan rumus yang digunakan adalah rumus Yamane dan Isac and Michael. Data pada penelitian ini diolah dengan IBM SPSS 26 for Windows. Penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, dan uji parsial (uji t).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Ceria Digital (X) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Y) dengan nilai signifikansi uji normalitas sebesar 0,200 (>0,05), hasil uji heteroskedastisitas menghasilkan penyebaran residual yang tidak teratur atau tidak
membentuk pola tertentu, hasil signifikansi uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan nilai t hitung sebesar 5,395 (>1,674). Kemudian hasil r square menunjukkan hasil sebesar 0,368, yang berarti variabel Ceria Digital memberikan sumbangan pengaruh kepada variabel Kepuasan Anggota sebesar 36,8%.
Kata Kunci : Digitalisasi Perbankan, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10508 |
Actions (login required)
View Item |