Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Hidayatul Islam Sukadana

Septiyana, Eka (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Hidayatul Islam Sukadana. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Eka Septiyana - 2001010018 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kedisiplinan adalah sikap mental yang ditunjukkan dalam perilaku seseorang, kelompok, atau masyarakat dengan cara mematuhi peraturan, norma, etika, ketentuan, dan kaidah yang berlaku. Dalam sikap kedisiplinan belajar siswa ada guru yang berperan untuk sikap kedisiplinan belajar siswa menjadi lebih baik. Karena, dilihat masih banyaknya siswa menunjukkan kedisiplinan yang tidak baik dilingkungan sekolah seperti kurang sopan terhadap guru dan sesama teman, untuk itu peran guru akidah akhlak yang membimbing siswa untuk menjadi insan yang mulia dengan melalui keteladan dan memberikan pengetahuan-pengetahuan keagamaan, menumbuhkan dan mengembangkan keimanan serta ketaqwaan para siswa-siswanya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terkait bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan sikap kedisiplinan belajar siswa kelas VII di Mts Hidayatul Islam Sukadana?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan sikap kedisiplinan belajar siswa kelas VII di Mts Hidayatul Islam Sukadana dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung kedisiplinan siswa Mts Hidayatul Islam Sukadana.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak kelas VII dan siswa kelas VII sebagai sumber data primer, sedangkan sumber data sekunder adalah wali kelas VII. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan guru akidah akhlak dalam kedisiplinan belajar siswa itu sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator di sekolah. Dari peran-peran guru akidah akhlak tersebut sangat penting. Karena guru selain berperan sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator, ia juga menjalankan tugasnya merubah tingkah laku individu dengan ilmu, iman dan ketaqwaan. Serta, mengedukasi siswa mengenai kedisiplinan itu sangat penting agar siswa membedakan mana yang baik dan buruk. Dari hal tersebut ada faktor pendukungnya yaitu yang berasal dari dalam diri siswa yaitu motivasi dan semangat. Serta faktor penghambat berasal dari luar diri siswa seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dari faktor tersebut, pasti akan muncul perubahan pada diri siswa dan penerapan kedisiplinn yang baik.

Kata Kunci : Peran, Guru akidah akhlak, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:41
Last Modified: 11 Dec 2024 02:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10513

Actions (login required)

View Item View Item