Khasanah, Umi Azizatul (2024) Analisis Kepuasan Jamaah Haji Pada Pelayanan Akomodasi dan Konsumsi di Asrama Haji Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
UMI AZIZATUL KHASANAH_2003041016.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Kantor Wilayah Kementrian Agama yang merupakan instansi yang menaungi Asrama Haji sebagai tempat Penyelenggaraan Haji Dan Umrah di Provinsi Lampung, petugas Haji berupaya memberikan pelayanan kepada jamaah yang akan melaksanakan rukun Islam yang kelima. Tempat yang nyaman dan kemudahan bagi jamaah Haji sangat diperhatikan dalam hal ini. Pelayanan yang diberikan berupa akomodasi dan konsumsi, sebelum jamaah diberangkatan ke tanah suci.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelayanan akomodasi dan konsumsi kepada calon jamaah Haji yang ada di Asrama Haji Lampung sehingga dapat membuat jamaah Haji merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, kualitatif merupakan penelitian lapangan yang memiliki sifat deskriptif analisis yang menggambarkan secara jelas dan teliti. Sampel yang dilakukan yaitu dengan 10 jamaah Haji yang berangkat pada tahun 2023 dengan mengunakan Teknik pengambilan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumnentasi. Data yang di olah berupa naratif kata yang didapatkan dari hasil wawancara dan tidak menggunakan angka.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kantor Wilayah Agama Provinsi Lampung, khususnya penyelenggara Haji dan umrah telah menerapkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 dan menerapkan 5 dimensi Service Quality dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah Haji, hal tersebut meliputi Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiviness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Emphaty (empati). Berdasarkan hal tersebut jamaah merasa puas karena sudah terpenuhinya indikator kepuasan jama’ah antara lain yaitu kepuasan terhadap kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan kepada jamaah, kepuasan terhadap kemauan membantu jamaah tanpa terkecuali, kepuasan jamaah terhadap petugas dalam pengetahuan dan kesopanan, serta kepuasan jamaah terhadap penampilan fasilitas fisik yang ada di Asrama Haji Lampung.
Kata Kunci: Kepuasan Jamaah, Pelayanan, Akomodasi Dan Konsumsi Jamaah Haji
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:42 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10519 |
Actions (login required)
View Item |