Apriliani, Amelia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ajaran Kelas VIII SMPN 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AMELIA APRILIANI - Amelia Apriliani.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran IPS antara lain hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa, siswa kurang berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran yang dilakukan terlalu monoton. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur.
Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMPN 1 Punggur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa, yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 34 siswa dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain score, karena data tidak berdistribusi normal maka peneliti menguji hipotesis dengan uji statistik non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) = 0,004. Karena nilai 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ―Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Kartu Terhadap. Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Punggur‖. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terbilang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dengan uji N-Gain skor pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,6124 dimana pada nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10526 |
Actions (login required)
View Item |