Khoiriyah, Anisa Iffa (2024) Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Alat Peraga Menyimpan Menggunakan Kantong Nilai Tempat Bilangan Kelas II SD Negeri 1 Surabaya Ilir. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi Anisa-1 (1) - Anisa Iffa Khoiriyah I.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi penjumlahan dengan alat menyimpan kantong bilangan. Kantong bilangan adalah sebuah alat peraga yang dibuat dari gelas aqua dan sedotan dengan warna berbeda.
Dalam penelitian ini digunakan untuk penjumlahan teknik menyimpan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas II SD N 1 Surabaya Ilir tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen tes pemahaman konsep operasi penjumlahan teknik menyimpan pada penelitian ini berupa tes (esai). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Indikator yang digunakan adalah penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga kantong bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi penjumlahan teknik menyimpan. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan siklus I yang menunjukkan indikator translation sebesar 86%, interpretation sebesar 77%, dan ekstrapolation sebesar 73%. Sedangkan pada siklus II, indikator translation sebesar 91%, interpretation sebesar 82%, dan ekstrapolation sebesar 85%. Sehingga, persentase hasil rata-rata indikator pemahaman konsep pada siklus I sebesar 78,6% yang meningkat pada siklus II menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa alat peraga kantong bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi penjumlahan teknik menyimpan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:39 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10528 |
Actions (login required)
View Item |