Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Maharah Istima melalui Video Animasi untuk Kelas X SMA TMI Roudlotul Qur'an Metro

Latifah, Umi (2024) Upaya Meningkatkan Maharah Istima melalui Video Animasi untuk Kelas X SMA TMI Roudlotul Qur'an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi arab 2024 revisi umil pdf - Ummi Latiifah (1), 3 Juni 2024, Nurkholis, 96 hlm.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Maharah istima’ ( kemampuan mendengar ) adalah salah satunya empat keterampilan berbahasa ( menyimak / meniru ), ( berbicara / kalam ) ( bacaan/ qiraah) ( menulis/ kitabah) yang dipelajari murid pertama kali sebelum mempelajari keempat keterampilan bahasa lainnya, mendengarkan dengan baik sangat membantu pemahaman gagasan utama secara rinci. Maharah istima’ pertama yang diperkenalkan dan diajarkan dikelas. Namun kenyataannya berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA TMI Roudlotul Qur’an metro diketahui bahwasanya mereka masih memiliki banyak kesulitan dalam maharah istima, mereka kurang lancar dalam mengungkapkan kembali isi video animasi tersebut, bahkan mereka masih terlihat bingung dalam mendengarkan memahami makna yang terdapat dalam video animasi tersebut, bahkan mereka ada yang tidak tahu beberapa makna yang terdapat dalam video animasi.

Penelitian yang digunakan bersifat Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar diperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian tindakan kelas membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena harus bisa mengimplementasikan tindakan beserta variabel yang sudah dirancang untuk mencapai hasil yang dikehendaki. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas x yang berjumlah 36 orang. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam maharah istima kelas x SMA TMI Roudlotul Qur’an metro.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahwa maharah istima’ dengan menggunakan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata 58,68%, kemudian setelah digunakan media video animasi pada siklus II dapat diperoleh nilai dengan rata-rata 80,46 %. Berdasarkan hasil peningkatan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan maharah istima’ melalui video animasi untuk kelas X SMA TMI Roudlotul Qur’an metro dapat dinyatakan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:53
Last Modified: 11 Dec 2024 02:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item