Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor Kesulitan Belajar Jumlah Ismiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2023/2024

Dewi, Reza Kumala (2024) Faktor Kesulitan Belajar Jumlah Ismiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Reza Kumala Dewi 2001020015.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang rendahnya penguasaan Penyusunan Kalimat dalam pembelajaran Bahasa Arab. Jumlah Ismiyah merupakan kalimat yang terdiri dari mubtada‘ dan khobar atau susunan kalimatnya berupa isim. Peserta didik belum bisa menentukan dan menyusun kalimat sesuai dengan kaidah Bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan peserta didik kesulitan belajar Jumlah Ismiyah dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTS Riyadlatul Ulum.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru dan peserta didik sedangkan data sekunder yaitu buku ajar dan arsip madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar Jumlah Ismiyah kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum digolongkan menjadi faktor Linguistik dan non Linguistik. Adapun peserta didik yang memiliki kesulitan belajar tarkib dalam pembelajaran Bahasa Arab dari faktor Linguistik ialah Peserta Didik mengalamai kesulitan dalam menyusun kalimat dan menentukan kedudukan kata dalam Bahasa Arab seperti mubtada‘ khobar,dan kurangnya kosakata. Sedangkan dari faktor non Linguistik faktor ini mencakup latar belakang sekolah peserta didik sebelumnya, fasilitas sekolah, minat belajar
peserta didik, serta metode yang digunakan guru dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Jumlah Ismiyah, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:53
Last Modified: 11 Dec 2024 02:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10534

Actions (login required)

View Item View Item