Permatasari, Diah Putri (2024) Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Pay Later di Mahasiswa FEBI IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi DiahPutriPermatasari_2003021018. - DIAH PUTRI PERMATASARI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Hadirnya fitur layanan shopee pay later pada aplikasi shopee menjadi ketertarikan kepada para masyarakat khususnya mahasiswa. Manfaat dan kemudahan dalam bertransaksi menjadi pilihan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Penggunaan shopee pay later pada saat ini terus mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan terhadap keputusan penggunaan shopee pay later pada mahasiswa FEBI IAIN Metro.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa aktif FEBI IAIN Metro sebanyak 1.627 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian mengenai pengaruh persepsi manfaat (X1) dan persepsi kemudahan (X2) terhadap keputusan penggunaan (Y) Shopee Pay Later di Mahasiswa FEBI IAIN Metro bahwa: 1) Hasil uji parsial (T) pada variabel persepsi manfaat (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3,205 artinya thitung > ttabel (3,205 > 1,999). Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H01 ditolak.
Artinya terdapat pengaruh antara variabel persepsi manfaat (X1) terhadap keputusan penggunaan (Y) Shopee Pay Later di Mahasiswa FEBI IAIN Metro. 2) Hasil uji parsial (T) pada variabel persepsi kemudahan (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,237 artinya thitung > ttabel (2,237> 1,999). Maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H02 ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara variabel persepsi kemudahan (X2) terhadap keputusan penggunaan (Y) Shopee Pay Later di Mahasiswa FEBI IAIN Metro. 3) Hasil uji simultan pada tabel di atas yang terdiri dari persepsi manfaat (X1) dan persepsi kemudahan (X2) diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,375. Artinya Fhitung > Ftabel (100,043> 2,75). Maka dapat disimpulkan bahwa H3 diterima dan H03 ditolak. Artinya terdapat pengaruh secara simultan antara variabel persepsi manfaat (X1) dan persepsi kemudahan (X2) terhadap keputusan penggunaan (Y) Shopee Pay Later di Mahasiswa FEBI IAIN Metro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:51 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10537 |
Actions (login required)
View Item |