Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV MI YPI Sumbersari

Fransiska, Dela (2024) Pengaruh Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV MI YPI Sumbersari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DELA FRANSISKA - 2001031004 - Dela Fransiska.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan masih kurangnya pemahaman siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI YPI Sumbersari. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, yaitu kurang optimisnya antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan. Pada aspek penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untu k mengetahui pengaru h yang positif da n signifika n penggunaa n metode Demonstrasi terhada p pemahama n konse p IPA S siswa kela s IV MI YPI Sumbersari Kabupate n Metro tahu n ajara n 2023/2024.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat dari penelitian ini adalah eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design. Bentuk desain Pre Experimental dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design Jumlah simple penelitian yaitu 23 siswa.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Jenis instrumen dalam penelitian ini menggunkan tes (pretest dan posttest), lembar Observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji-t.

Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep IPAS. Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test menunjukan bahwa hasil pada taraf signifikan 5% sebesar 1,717 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 2,508 ternyata yang diperoleh sebesar sehingga diperoleh (5%) lebih besar dari (1%) yaitu 1,717 < , >2,508. Artinya metode demonstrasi yang diterapkan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh metode demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep IPAS siswa kelas IV MI YPI Sumbersari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:46
Last Modified: 11 Dec 2024 02:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item