Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesulitan Pembelajaran Maharah Qira'ah Jahriyah dan Solusinya pada Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2023/2024

Azizah, Hanifatul (2024) Analisis Kesulitan Pembelajaran Maharah Qira'ah Jahriyah dan Solusinya pada Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi cetak hani duaa - Hanifatul Azizah, J. Sutarjo, 27 Juni 2024, 68.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca nyaring pada membaca bahasa arab dan upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut di kelas VIII SMP IT Insan Mulia Batanghari tahun ajaran 2023/2024.

Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Dalam memverifikasi keabsahan data, peneliti menggunakan tringulasi sumber, guna memposisikan penelitian pada keobjektifan data. Adapun teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, berlandaskan pada konsep yang dituangkan oleh Huberman dan Milles, yakni melalui tiga tahap, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa faktor kesulitan pada pembelajaran maharah qiraah jahriyah pada siswa kelas VIII SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur, yang terbagi menjadi dua garis besar, yakni faktor linguistik dan non linguistik. Untuk faktor linguistik berupa: 1. Kesulitan mengucapkan huruf sesuai makhrajnya 2. Kesulitan mengenal dan memahami tulisan huruf. Sedangkan faktor non linguistik berupa: latar belakang pendidikan 2س. Tidak ada motivasi belajar 3. Media pembelajaran dan motivasi. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi, ada beberapa solusi yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut: 1. Mengenalkan huruf dan suara huruf 2. Memberi materi pelajaran yang mudah dan siswa mengulang-ulang pelajaran 3. Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memiliki latar belakang pendidikan formal yang minim pengajaran bahasa arab 4. Memberikan motivasi kepada siswa 5. Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan metode pembelajaran yang tidak memberikan kebosanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Dec 2024 02:12
Last Modified: 12 Dec 2024 02:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10541

Actions (login required)

View Item View Item