Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 01 Semuli Raya

Murtadho, Candra (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 01 Semuli Raya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI CANDRA - candra murtadho.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kendala yang masih sering dijumpai siswa dalam ketidak tercapainya kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dan kurangnya kreatifitaas guru dalam menerapkan model pembelajaran disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV di SDN 01 Semuli Raya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan tipe quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen (Kelas IV B) yang berjumlah 15 siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dan kelompok kontrol (Kelas IV A) dengan jumlah 15 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda dan essay sebagai intrument utama.

Hasil analisis data uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai sig.0.128 ≥ 0.05, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai sig.0.521 ≥ 0.05. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji t independent diperoleh nilai sig. 0,002 ≤ 0,05 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata – rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut dinyatakan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPAS siswa SDN 01 Semuli Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:21
Last Modified: 12 Dec 2024 01:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10543

Actions (login required)

View Item View Item