Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Tahsin pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo

Ramadani, Fadilla Anisya (2024) Penerapan Metode Tahsin pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DILLA 2001011036 - Fadilla Anisya Ramadani.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

SMP Negeri 2 Bangun Rejo merupakan sekolah negeri yang berada di kecamatan Bangun Rejo Lampung Tengah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar khususnya dalam kelancaran bacaan Al-Qur‟an siswa, kurangnya pengetahuan tentang hukum tajwid, dan sulitnya mengucapkan makharijul huruf.

Pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo? Dan apa kendala-kendala dalam penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo, dan apa kendala-kendala dalam penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan yang kemudian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah serta memanfaatkan berbagai metode alamiah.

Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 2 Bangun Rejo. Sumber data penelitian ini ada 2 yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun sumber data primer dari penelitian ini ialah guru PAI kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Rejo. Dan sumber data sekundernya ialah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangun Rejo. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara meredukasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo sudah dilakukan dengan baik melalui tiga cara yaitu guru menuntun siswa pada saat membaca Al-Qur‟an supaya semakin berkembang dan lancar, mengajarkan hukum tajwid, dan membenarkan makhorijul huruf. Kendala-kendala dalam penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo yaitu meliputi kurangnya alokasi waktu, motivasi membaca Al-Qur‟an siswa yang terkadang naik turun, dan keberagaman kemampuan siswa dalam memahami ayat-ayat Al-Qur‟an. Oleh karena itu, penerapan metode tahsin pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangun Rejo sangat diperlukan dan bisa dilaksanakan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:42
Last Modified: 12 Dec 2024 01:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10545

Actions (login required)

View Item View Item