Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah (Strategi Dakwah Akun @littleakhwat.id)

Ramadani, Alvia Putri Laili (2024) Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah (Strategi Dakwah Akun @littleakhwat.id). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ALVIA PUTRI LAILI RAMADANI - 1904012004 - KPI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Instagram salah satu media sosial yang digunakan sebagai media dakwah pada era modern saat ini. Dalam penggunaanya sebagai media berdakwah diperlukan suatu perencanaan. Dalam aktivitas berdakwah strategi dakwah harus sesuai dengan keadaan yang dirumuskan agar terciptanya sebuah tujuan dakwah. Akun Instagram @littleakhwat.id merupakan akun yang memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah yang dibuat pada tanggal 11 April 2018. Dengan tema yang dihadirkan mengenai pranikah, rumah tangga dan parenting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media dakwah; dan bagaimana Strategi Dakwah pada akun Instagram @littleakhwat.id.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukan yang pertama penggunaan akun Instagram dengan mengunggah konten-konten dakwah yang berupa gambar animasi maupun video animasi dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada media sosial Instagram. Fitur yang digunakan untuk mengunggah konten dakwah yaitu fitur foto, video reels, dan Instagram stories. Bentuk penggunaan Instagram sebagai media dakwah yaitu sebagai informasi yang memberikan pengajaran mengenai ajaran islam, sebagai wadah silahturahmi untuk para penggunanya tanpa adanya batasan dalam kemudahan mengakses untuk dijadikan sarana komunikasi. Selain itu juga sebagai sarana promosi dan branding dengan lingkup kegiatan berdakwah. Kedua, strategi dakwah pada akun @littleakhwaat.id menggunakan tiga strategi dakwah yaitu: (1) Strategi Sentimental yang memfokuskan pada hati serta perasaan dan batin sasaran dakwah akun @littleakhwat.id, (2) Strategi Rasional yang senantiasa mengajak untuk berfikir, merenungkan dan mengambil pelajaran dari yang disampaikan oleh akun @littleakhwat.id, dan (3) Strategi Indrawi akun @littleakhwat.id memberikan contoh keteladanan atau kebiasaan yang baik menurut ajaran Islam. Strategi dakwah dibagi kedalam tiga tahapan strategi, pertama tahapan perumusan dengan melihat visi-misi dari akun @littleakhwat.id, kedua tahapan penerapan/implementasi akun @littleakhwat.id sudah menerapkan strategi yang dipilih dan ketiga tahapan penilaan/evaluasi, dengan melakukan penijauan serta penilaian kembali strategi yang telah dilakukan oleh akun @littleakhwat.id telah sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:57
Last Modified: 22 Jan 2025 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item