Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Desain Pembelajaran Peluang Dengan E-Modul Berbasis Realistic Mathematic Education

Halawati, Putri Diah (2024) Desain Pembelajaran Peluang Dengan E-Modul Berbasis Realistic Mathematic Education. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Putri Diah Halawati - 2101061009 - Tadris Matematika.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Materi peluang menjadi salah satu materi yang wajib dipelajari oleh peserta didik dan kaitannya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun tidak sedikit peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah peluang. Hal ini didapat karena beberapa faktor, yaitu kegiatan pembelajaran masih terpusat oleh penjelasan yang diberikan guru di dalam kelas, belum memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital serta peserta didik hanya diberikan rumus dalam bentuk abstrak saja. Dengan desain pembelajaran menggunakan e-modul fleksibel sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan dan kondisi zaman. Dengan menggunakan RME dalam proses belajar dapat membantu peserta didik memahami konsep dasar rumus peluang yang dianggap sulit. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui lebih lanjut bagaimana lintasan belajar pada materi peluang menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), (2) mengetahui peran e-modul dalam membantu peserta didik memahami materi peluang. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) desain permulaan (preliminary design); (2) eksperimen (experiment) dan (3) analisis retrospektif. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis secara retrospektif dengan Hypothectial Learning Trajectory (HLT) sebagai panduan. Digunakan pedoman wawancara, lembar validasi HLT dan e-modul serta hasil jawaban peserta didik.

Berdasarkan penelitian didapat hasil yaitu dengan menggunakan e-modul pendekatan RME berperan membangun bahasanya sendiri dan konsep peserta didik terhadap materi peluang sedangkan lintasan belajarnya adalah dengan mengerjakan Tugas Individu dapat membantu peserta didik memahami konsep dasar rumus peluang. HLT yang didesain memenuhi kategori kevalidan menunjukkan “sangat layak” dengan total nilai 42. Lintasan belajar peserta didik masih sesuai rencana awal dalam HLT hal ini dikarenakan tidak terjadi perubahan dalam lintasan belajar.

Kata Kunci : E-modul, Peluang, RME

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:46
Last Modified: 23 Dec 2024 02:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item