Rismawati, Dwi (2024) Strategi Komunikasi Radio Pramudya 102.3 FM Sukadana Lampung Timur Dalam Menjaga Eksistensinya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DWI RISMAWATI - 1904012011 - KPI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Radio merupakan media penyampaian informasi dari pihak satu ke pihak lain melalui suara. Seiring dengan perkembangan teknologi yang tinggi, radio menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan eksistensinya. Namun masih banyak stasiun radio yang yang tetap eksis di era saat ini salah satunya adalah Radio Pramudya 102.3 FM.
Tujuan dari Radio Pramudya mendeskripsikan strategi komunikasi di sini adalah untuk mencari cara bagaimana radio tersebut tetap eksis hingga saat ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian lapangan bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti, berdasarkan dari hasil penelitian bahwa strategi komunikasi Radio Pramudya 102.3 FM Sukadana Lampung Timur dalam menjaga eksistensinya diantaranya adalah pertama, perhatian atau attention, Radio Pramudya melakukan kegiatan komunikasi yaitu membuat press release tentang semua kegiatan yang dilakukan oleh Radio Pramudya, menyelenggarakan event yang ditunjukkan sesuai target audien, radio pramudya memposting tentang kegiatan dan program seputar radio di berbagai platform, melakukan dokumentasi live streaming di setiap event di http://pramudyafm.slendrogroup.net/, kedua, minat atau Interest, Radio Pramudya melakukan kegiatan yaitu secara informatif, Radio Pramudya melakukan penyampaian pesan secara jelas, akurat, dan mudah dipahami audien, secara persuasif berarti Radio Pramudya membujuk audien agar mengubah sikap dan pandangan sesuai dengan harapan Radio Pramudya. Secara edukatif adalah cara yang dilakukan Radio Pramudya untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan, ketiga, secara keinginan atau desire di tahap ini Radio Pramudya harus mampu menyampaikan pesan yang berisi penawaran, keempat, secara keputusan atau decision, tahap ini merupakan tindak lanjut dari tahapan sebelumnya yang berupa keinginan atau desire. Keputusan dalam hal ini adalah diharapkan audien dapat mengambil keputusan setelah melalui rangkaian proses komunikasi sebelumnya, kelima, secara tindakan atau action, tahap ini merupakan tindak lanjut dari tahap keputusan. Radio Pramudya mengharap adanya kepercayaan dan kerjasama dari audien untuk perkembangan dan kemajuan lembaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:03 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10557 |
Actions (login required)
View Item |