Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik Dengan Metode Investigation Group (IG) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 2 Tempuran

Jannah, Nur Kholifatul (2024) Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik Dengan Metode Investigation Group (IG) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 2 Tempuran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nur Kholifatul Jannah - 2001031027 - PGMI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan tingkat kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tempuran pada mata pelajaran PKn, diketahui bahwa 22% memiliki tingkat kemampuan mengemukakan pendapat yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini dikarenakan kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, siswa masih merasa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kurangnya komunikasi dengan guru maupun teman, dan dalam menjawab pertanyaan dari guru. Ketika menjawab pertanyaan yang diberikan guru masih banyak sebagian besar siswa yang artikulasi dan penyampaian bahasa serta penyusunan kalimatnya yang masih kurang. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dikelas V, dengan jumlah 17 siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah,

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Investigation Group (IG) dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V di SD Negeri 2 Tempuran. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Tempuran pada mata pelajaran PKn tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 17 Peserta Didik yang terdiri dari 12 peserta didik perempuan dan 5 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Investigation Group (GI) siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Pada tes kemampuan mengemukakan pendapat posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh yaitu 65%, sebanyak 6 siswa belum mencapai Kriteria Ketercapain Tujuan Pembelajaran (KKTP), sedangkan pada siklus II ketuntasan Posttest adalah 85% sebanyak 14 siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan presentasi dari siklus I dengan siklus II yaitu 20%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata-rata ketuntasan mencapai ≥75.

Kata Kunci : Mengemukakan Pendapat, Model Pembelajaran Investigation Group (GI), Mata Pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:44
Last Modified: 23 Dec 2024 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10560

Actions (login required)

View Item View Item