Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Literasi Keuangan Masyarakatkota Metro Terhadap Penggunaan Layanan QRIS

Pangesti, Ajeng Galuh (2024) Pengaruh Literasi Keuangan Masyarakatkota Metro Terhadap Penggunaan Layanan QRIS. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AJENG GALUH PANGESTI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan kesatuan berbagai macam QR dari berbagai pihak penerbit atau penyelenggara jasa sistem pembayaran yang menggunakan sistem QR Code, adanya penerbitan QRIS sendiri memang ditunjuk untuk proses transaksi dari Bank Indonesia dengan penggunaan QR Code supaya lebih cepat, mudah, aman bagi masyarakat. Namun, dengan adanya pengetahuan mengenai QRIS juga masih banyak masyarakat yang belum tertarik untuk mulai menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Masyarakat Kota Metro Terhadap Penggunaan Layanan QRIS.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu jenis penelitian data yang dikumpulkan berupa angka-angka data yang berasal dari dokumentasi dan angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert. Kemudian masyarakat Kelurahan Rejomulyo sebagai populasi dengan kriteria pada usia 20-25 dan 26-30 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota Sampling, dimana sampel yang diperoleh adalah 83 responden, dan rumus yang digunakan adalah rumus Yamane dan Isac and Michael. Data pada penelitian ini diolah dengan aplikasi IBM SPSS 26 for Windows. Penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, dan uji parsial (uji t).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Literasi Masyarakat (X) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Layanan QRIS (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan nilai t hitung sebesar 8,940 (>1,663). Kemudian hasil r square menunjukkan hasil sebesar 0,497 yang berarti variabel Literasi Masyarakat memberikan pengaruh kepada variabel Layanan QRIS sebesar 49,7%.
Kata Kunci : Literasi Masyarakat, Layanan QR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:04
Last Modified: 23 Dec 2024 07:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item