Yani, Melsi (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Kelompok A TK PKK 1 Yosodadi Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MELSI YANI - 2001041015 - PIAUD.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran dalam mengenalkan huruf pada anak usia dini sebaiknya dilakukan melalui tahapan-tahapan yang tepat dan sesuai dengan perkembangan berpikir anak. Mengenalkan konsep huruf kepada anak usia dini memang memiliki tingkat kesulitan tertentu. Hal ini karena konsep huruf dan bilangan yang memiliki sifat abstrak sedangkan anak usia dini belum bisa berpikir secara abstrak melainkan hanya berpikir secara konkret. Oleh karena itu dalam proses pengenalan konsep huruf bagian anak usia dini tidak hanya dapat dilakukan menggunakan penjelasan secara lisan, namun harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan. Penelitian ini untuk bertujuan mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal huruf Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Kelompok A TK PKK 1 Yosodadi Metro Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari setiap pelaksanaan siklus dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Dari hasil penelitian yang dilakukan seanjutnya dapat di hitung dengan persentase.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas diketahui dari pengamatan perkembangan anak pada setiap siklus ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat pada perkembangan kemampuan mengenal huruf dengan penilaian aktivitas belajar. Pada siklus I dengan nilai rata rata 53,76% dan disiklus ke II mencapai nilai rata rata 77,2%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 24,04%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK PPK 1 Yosodadi Metro Timur. Hasil yang disignifkan pada siklus II menunjukan bahwa kegiatan bernyanyi tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis dalam mengenal huruf, tetapi juga merangsang minat dan antusiasme anak anak terhadap proses pembelajaran .
Kata Kunci: Mengenal Huruf, Aktivitas Bernyanyi, Kemampuan Kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:41 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10571 |
Actions (login required)
View Item |