Arasyid, Anan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ANAN ARASYID _2101070001.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berlangsung di MTs N 2 Lampung Timur pada mata pelajaran IPS masih banyak siswa dengan hasil belajar rendah. Selain itu permasalahan terkait dengan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum relevan dalam mencapai hasil belajar siswa. Siswa kurang interaktif dan kurang fokus saat pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay CRH terhadap hasil belajar Siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs N 2 Lampung Timur dengan jumlah 223 siswa. Bentuk pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu kelas eksperimen VIII C berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol kelas VIII B berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan metode test, dan sebagai data penunjang yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif dan uji-t (Independent Sample T- Test) dengan bantuan SPSS 26 dan Excel. Untuk melihat peningkatan data hasil belajar peneliti menggunakan N-Gain Score.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, thitung > ttabel (3.205 > 2000) maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample t-test bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hipotesis menyatakan Adanya Pengaruh Model Pembelajaran Course Review
Horay CRH terhadap hasil belajar Siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2024/2025. Selain Berdasarkan hasil perhitungan uji N- Gain score untuk kelas eksperimen Course Review Horay (CRH) menunjukkan nilai sebesar 0,508. Jika dilihat dari tabel klasifikasi Interprestasi N-Gain termasuk dalam kategori sedang , yaitu (0,31-0,69). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) memberikan pengaruh dengan kategori sedang pada hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci : Course Review Horay CRH, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:41 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10574 |
Actions (login required)
View Item |