Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pandu Winata Kampung Negara Harja

Safitri, Novita (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pandu Winata Kampung Negara Harja. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NOVITA SAFITRI (NPM 2001041020).pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan pencampuran warna merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sains anak, karena setiap cara yang dilakukan oleh guru diikuti juga oleh setiap anak baik melalui kemampuan anak untuk menyebutkan jenis-jenis warna, kemampuan anak untuk menunjukkan hasil pencampuran warna. Identifikasi permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil pra-survey berfokus pada kemampuan anak tentang sains yang belum berkembang secara optimal tentang pencampuran warna, Metode pembelajaran yang digunakan kurang memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan percobaan secara langsung, Metode pembelajaran yang digunakan hanya sebatas kegiatan pembelajaran masih hanya membaca, menulis dan berhitung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di TK Pandu Winata sebanyak 43 siswa. Dalam penelitian ini, untuk menentukan sampelnya penulis menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa usia 5-6 Tahun di TK Pandu Winata yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus Uji-T dan N-Gain Score yang dianalisis menggunakan bantuan SPSS 26.

Hasil analisis penelitian yang penulis lakukan memperoleh hasil uji t memperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000. Berdasarkan analisis uji n- gain persen, dapat dipahami bahwa penggunaan metode eksperimen pencampuran
warna efektif digunakan sebagai metode pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 75,90. Berdasarkan analisis uji n-gain skor, kesimpulan bahwa penggunaan metode eksperimen pencampuran warna memiliki tingkat efektifitas
yang tinggi, dengan memperoleh nilai sebesar nilai 0,76. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pandu Winata Kampung Negara Harja”.
Kata kunci: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen Pencampuran Warn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:29
Last Modified: 13 Jan 2025 06:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item