Widiastuti, Mila (2024) Misinformasi Produk Elektronik Hak Khiyar: dan Perlindungan Konsumen Belanja Online di Era Digital. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
MILA WIDIASTUTI 2102020009.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas fenomena misinformasi antara pedagang dan konsumen dalam belanja online serta dampaknya terhadap perlindungan konsumen di era digital. E-commerce telah mengubah cara transaksi dan berbelanja dengan meningkatkan aksesibilitas, tetapi juga menghadirkan risiko seperti ketidak sesuaian produk, penipuan harga, dan ketidaklengkapan informasi. Metode kualitatif digunakan untuk menggali akar permasalahan ini melalui wawancara dengan konsumen dan observasi partisipatif di platform e-commerce. Temuan meliputi tingginya frekuensi ketidaksesuaian produk yang diterima konsumen dengan deskripsi online, serta kesulitan dalam mengurus komplain dan kurangnya transparansi dalam kebijakan pengembalian barang. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam regulasi dan kebijakan perlindungan konsumen untuk meningkatkan kepercayaan dan integritas pasar online.
Keywords: Misinformasi Pedagang dan Konsumen, Perlindungan Konsumen, Belanja Online
Hak Khiyar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Hukum Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:40 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10586 |
Actions (login required)
View Item |