Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Bimbingan Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim Ditinjau Dari Teori Behavioral Di Pondok Pesantren Al Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan

Darma, Sindu (2024) Implementasi Bimbingan Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim Ditinjau Dari Teori Behavioral Di Pondok Pesantren Al Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Sindu Darma - 1803022026 - BPI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan kepribadian oleh lingkungan digagas oleh Skinner yang menyatakan bahwa kepribadian (personality) atau diri (self) sebagai pendorong atau pengarah tingkah laku. Kepribadian dibentuk bukan karena genetikanya tapi oleh lingkungannya. Dari perspektif behaviorisme pengalaman belajar dan latar belakang genetik atau faktor bawaan yang khas dari individu.Berbicara mengenai kepribadian, maka ada tugas yang sangat diharapkan dapat mencetak generasi generasi yang berkualitas, yakni pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengakar di Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu keagamaan Islam dan mengamalkannya sebagai kehidupan sehari-hari (tafaqquh fi ad-din).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Bimbingan Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim Ditinjau Dari Teori Behavioral Dipondok Pesantren Al Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian Kualitatif. Adapun sifat penelitian ini deskriftif kualitatif. Pada penelitian ini, sumber data primer yaitu ustadz dan santri. Sedangkan sumber data sekunder peneliti mendapat informasi melalui sumber dari jurnal, buku, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi, selanjutnya ada teknik analisa data dan teknik keabsahan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Bimbingan Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim Ditinjau Dari Teori Behavioral Dipondok Pesantren Al Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan adalah sebagai berikut: bahwa proses dari teori Behavioralkitab ta’lim muta’allim untuk meningkatkan motivasi belajar santri dengan menggunakan beberapa teknik dari konseling Behavioralkitab ta’lim Muta’allim, yaitu teknik desensitas sistematik, latihan asertif, pengondisian operan, terapi aversi serta aspek-aspek dalam kitab ta’lim muta’allim, yaitu menerangkan hakekat ilmu, hukum mencari ilmu dan keutamaannya, cara memilih ilmu, guru, teman, dan ketekunan, cara menghormati ilmu dan guru, kesungguhan dalam mencari ilmu, istiqomah dan cita-cita yang luhur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:35
Last Modified: 22 Jan 2025 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10589

Actions (login required)

View Item View Item