Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Akad Murabahah Di BMT Asyafi'iyah Kec. Raman Utara

Saputri, Yeni (2024) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Akad Murabahah Di BMT Asyafi'iyah Kec. Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Yeni Saputri - 2003020046 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Adanya persaingan yang ketat antar lembaga keuangan syariah tidak hanya menuntut BMT Assyafi’iyah cabang raman utara dalam meningkatkan kinerjanya namun juga profesionalitasnya guna mencapai suatu tujuan. Salah satu tujuan BMT Assyafi’iyah cabang raman utara adalah menarik minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota khususnya anggota pembiayaan murabahah yang mengalami mengalami kurangnya modal dalam membangun dan mengembangkan usahanya, sehingga masyarakat disekitar daerah tersebut melakukan cara meambah modal usaha melalui pinjaman pembiayaan murabahah di BMT Assyafi’iyah Kec. Raman Utara.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kemudian anggota nasabah sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik Snawball Sampling dalam menentukan sampel dalam penelitian ini. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik keabsahan data triangulasi untuk menguji kredibilitas penelitian ini. Teknik analisis data penelitian ini melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi informan meminjam pembiayaan murabahah adalah faktor sosial dan faktor pribadi. Faktor-faktor ini merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan masyarakat sekitar kecamatan raman utara dan pola perilaku konsumen masyarakat sekitar selalu mencari kepuasan terhadap suatu produk yang mana hal ini dipengaruhi oleh sistem pelayanan yang baik dilakukan oleh pihak BMT Assyafi’iyah cabang raman utara..

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Pengambilan Keputusan, BMT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jan 2025 00:48
Last Modified: 09 Jan 2025 00:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item