Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Developing Ethnomathematics-based E-Modules to Support Students’ Problem Solving Skills

Hamid, Jezlina (2024) Developing Ethnomathematics-based E-Modules to Support Students’ Problem Solving Skills. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Jezlina Hamid.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Keterbatasan sumber belajar dan media pembelajaran berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran. Inovasi media pembelajaran dibutuhkan untuk menghadirkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan serta mengintegrasikan konteks budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan modul elektronik berbasis etnomatematika pada topik pola bilangan yang didasarkan pada etnomatematika untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas VIII salah satu SMP di Metro, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis etnomatematika pada materi pola bilangan memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli dan mampu menarik minat siswa. Ini mengindikasikan bahwa modul berbasis etnomatematika dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di era digital.
Kata Kunci: Etnomatematika; Kemampuan Pemecahan Masalah; Modul Elektronik; Pembelajaran Matematika; Pola Bilangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:44
Last Modified: 23 Dec 2024 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item