Hamid, Jezlina (2024) Developing Ethnomathematics-based E-Modules to Support Students’ Problem Solving Skills. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Jezlina Hamid.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Keterbatasan sumber belajar dan media pembelajaran berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran. Inovasi media pembelajaran dibutuhkan untuk menghadirkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan serta mengintegrasikan konteks budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan modul elektronik berbasis etnomatematika pada topik pola bilangan yang didasarkan pada etnomatematika untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas VIII salah satu SMP di Metro, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis etnomatematika pada materi pola bilangan memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli dan mampu menarik minat siswa. Ini mengindikasikan bahwa modul berbasis etnomatematika dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di era digital.
Kata Kunci: Etnomatematika; Kemampuan Pemecahan Masalah; Modul Elektronik; Pembelajaran Matematika; Pola Bilangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:44 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10592 |
Actions (login required)
View Item |