Putri, Lina Arfianti (2024) Metode Dakwah dalam Memotivasi Minat Tahfidz Al- Qur’an Pada Anak Di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Lina Arfianti Putri.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Di zaman era modern ini sangat sulit memotivasi anak agar minat menghafal Al-Qur’an, diperlukan metode yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal. Maka sebagai pembimbing harus kreatif dalam menerapkan strategi dalam menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Berusaha untuk menyampaikan amanah dan misi agama nabi Muhammad SAW dengan cara yang menarik, mudah dan praktis bagi semua orang terkhususnya anak-anak. SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro menjadi salah satu panutan dalam menggunakan metode dakwah yang tepat dalam memotivasi siswanya dalam melakukan pembelajaran tahfidz Al-Quran. Hal ini yang sangat menarik dan unik. Oleh karena itu Peneliti berfokus pada pertanyaan penelitian “Bagaimana metode dakwah dalam memotivasi minat tahfidz Al- Qur’an pada anak di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro?”. Selanjutnya tujuan yakni mengetahui metode dakwah dalam memotivasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (fiel research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; observasi, interview, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pembimbing tahfidz dan siswa-siswi SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro sedangkan objek penelitiannya SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro. Selanjutnya data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis pendekatan kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui metode dakwah yang diterapkan oleh pembimbing tahfidz di SD Muhammadiyah Sang Pencerah dalam memperkenalkan dan memotivasi minat tahfidz dengan metode dakwah yang di gunakan adalah metode bil hikmah yang melihat dan memperhatikan tingkat kondisi atau kemampuan anak dalam menghafal al qur’an, metode bil mau idzah hasanah memberikan nasihat yang lembut dan kasih sayang serta metode mujadalah berdialog dengan anak penghafal al- qur’an dengan baik dan santun. Melalui pemanfaatan metode bil hikmah, mau idza hasanah, dan mujadalah SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro menjadi contoh bagaimana sebuah sekolah dasar dapat memotivasi dalam pembelajaran tahfidz siswanya untuk menciptakan dampak positif yang luas di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:06 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10597 |
Actions (login required)
View Item |