Damayanti, Ria (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ARTIKEL_RIA DAMAYANTI _2101081018.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Kondisi peserta didik yang kurang aktif didalam kelas pada pelaksanaan pembelajaran berdampak terhadap perolehan hasil belajarnya yang rendah. Hal tersebut melatar belakangi penelitian ini dilaksanakan. Tujuannya antara lain untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar serta keaktifan peserta didik kelas 11 Biologi 4 SMA Negeri 6 Metro pada materi sistem peredaran darah dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi serta metode inkuiri terbimbing. Jenis metode yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas yang terlaksana dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tes berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Setelah menganalisis data, peneliti memperoleh hasil bahwa pada siklus pertama keaktifan klasikal peserta didik mencapai 59%, kemudian terjadi peningkatan sebanyak 16% pada siklus kedua sehingga keaktifan peserta didik mencapai 75%. Begitu pula pada hasil belajar peserta didik, persentase ketuntasan hasil belajar pada saat dilaksanakan pretest adalah 17%, kemudian pada siklus pertama terjadi peningkatan sebanyak 24% menjadi 41% dan pada siklus kedua ketuntasannya mencapai 83% atau mengalami peningkatan sebanyak 42% dari siklus sebelumnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan metode inkuiri terbimbing berhasil meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci— Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Keaktifan, Pembelajaran Berdiferensiasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:38 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10601 |
Actions (login required)
View Item |