Fiolita, Anggun Fiona (2024) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Anggun Fiona Fiolita - 2101072002 - T. IPS.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Model Pembelajaran Koperatif tipe STAD merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Guru yang menggunakan STAD mengajukan informasi akademik baru kepada siswa setiap peretemuan mengunakan presentasi verbal atau teks. Model pembelajaran ini mudah untuk diterapkan dan mampu mengasah keaktifan siswa pada pembelajaran di dalam kelas. Dengan berbantuan media pembelajaran papan angka edukasi, menambah rasa antusiasme siswa dan juga mengasah kemampuan berpikir kritis dalam menjawab pertanyaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VIII C SMP Negeri 2 Kotagajah dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan berbantuan media pembelajaran papan angka edukasi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada pelaksanaannya dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas mata pelajaran IPS. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sesuai dengan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII C SMP Negeri 2 Kotagajah dengan jumlah siswa 35 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 13 perempuan. Pada teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi kegiatan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik nilai rata-rata dan menghitung presentase. Penelitian ini menetapkan indikator keberhasilan yang akan dicapai yaitu sebesar 75%.
Berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 51% dan pada siklus II sebesar 85%, terjadi peningkatan sebesar 34%. Dari analisa diatas dapat di pahami bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci : Model Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 00:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 00:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10608 |
Actions (login required)
View Item |