Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak

Zahra, Latifa (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak. BEST, 7 (1): 5. pp. 632-638. ISSN 2654 – 4652

[img] PDF
ARTIKEL SKRIPSI LATIFA ZAHRA - 2101080010 - TADRIS BIOLOGI.pdf - Other

Download (963kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasarkan permasalahan yaitu hasil belajar yang rendah di tempat penelitian. Hasil belajar rendah karena variasi metode pembelajaran yang kurang beragam. Ditambah lagi, ada banyak gaya belajar yang berbeda. Hasil pra survey menunjukkan bahwa 75% siswa memiliki gaya belajar visual, 10,8% memiliki gaya belajar auditori, dan 14,2% memiliki gaya belajar kinestetik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem gerak. Jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas. Penelitian berlokasi di SMA Negeri 1 Kibang Lampung Timur, dimana 28 siswa kelas XI Mipa 3 terlibat. Hasil observasi dan tes adalah sumber data penelitian. Metode analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data tersebut. Indikator keberhasilan studi ini sebesar 80%. Dalam siklus pertama menunjukan hasil belajar siswa meningkat sebesar 57,14%, dan dalam siklus kedua, persentase siswa yang lulus mencapai 100%. Peningkatan sebesar 42,8% dari siklus pertama ke siklus kedua. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning pada materi sistem gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:32
Last Modified: 07 Jan 2025 08:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item