Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di UPTD SMP Negeri 3 Pekalongan

Zahrani, Ayesha Hanifatuz (2024) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di UPTD SMP Negeri 3 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYESHA HANIFATUZ ZAHRANI - 2101011015 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Pekalongan pada mata pelajaran PAI. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari adanya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di semester ganjil tahun 2023. Nilai hasil belajar siswa yang tidak tuntas mencapai 73,33%. Sedangkan, siswa yang tuntas hanya 26,67%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya materi sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah masih rendah. Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang maksimal diterapkan, sehingga membuat siswa merasa kurang terlibat dan sulit untuk menginternalisasi materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Pekalongan.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Pekalongan yang berjumlah 18 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan, yang di mana setiap siklus terdapat empat tahap kegiatan, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuntitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yang didukung atau didapat dari aktivitas guru selama proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui sebesar 55,56%, dan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hal itu menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 27,77%. Dengan demikian, maka penerapan metode demonstrasi dapat digunakan pada mata pelajaran PAI yang memiliki materi pelajaran dengan sifat praktik.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Siswa, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:35
Last Modified: 07 Jan 2025 08:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item