Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Media Boneka Tangan Dalam Peningkatan Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Baiturrahim Simbarwaringin

Kurniawati, Rika Oktavia (2024) Penerapan Media Boneka Tangan Dalam Peningkatan Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Baiturrahim Simbarwaringin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rika Oktavia Kurniawati - 2001042006 - PIAUD.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala diproses kegiatan pembelajaran, Berdasarkan data observasi, proses belajar mengajar di TK Baiturrahim Simbarwaringin memiliki banyak kendala seperti anak mengalami kesulitan bercerita, anak masih belum dapat bercerita dengan sendiri dan juga terdapat pada media pembelajaran yang kurang bervariatif dan memadai namun guru tetap berusaha dalam memastikan kegiatan pembelajaran tersebut dioptimalkan agar dapat dipahami dengan baik oleh anak yang sedang melakukan pembelajaran. Dampak dari permasalahan tersebut adalah kurangnya kosakata anak, kesulitan dalam membangun percaya diri dan kurangnya semangat saat pembelajaran berlangsung, dalam kegiatan bercerita terdapat anak yang ketika ditanya dia baru menjawab sepatah kata atau jika tidak ditanya anak tersebut diam. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu: “Untuk mengetahui peningkatan keterampilan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Baiturrahim Simbarwaringin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua data yaitu data kuantitatif dan kualitatif, penelitian berupa penelitian tindakan kelas model yang dikembangkan oleh kemmis dan taggart. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari setiap pelaksanaan siklus di analisis menggunakan teknik presentase. Dari hasil penelitian yang dilakukan selanjutnya dapat dihitung dengan persentase.

Berdasarkan penelitian tindakan kelas diketahui dari pengamatan perkembangan anak pada setiap siklus ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat pada pengembangan kreativitas dengan penilaian aktivitas belajar. Pada siklus I dengan nilai rata rata 47,% dan di siklus ke II mencapai nilai rata rata 89%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 42%. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan media boneka tangan dapat memberikan peningkatan keterampilan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Baiturrahim Simbarwaringin

Kata Kunci: Keterampilan Bercerita, Media Boneka Tangan, anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:37
Last Modified: 07 Jan 2025 08:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item