Aini, Nuril (2024) Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education Students, 4 (2): 7. pp. 370-387. ISSN 2797-0108
PDF
ARTIKEL NURIL AINI - 2101040013 - PIAUD.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book sebagai sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan yang meliputi tahap analisis, desain, development, implementasi, evaluasi. Data yang dikumpulkan Subjek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B di TK Perintis Rejo Asri. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator ketercapaian perkembangan bahasa anak yaitu sebesar 92,5%, berdasarkan hasil ahli materi yaitu sebesar 97,72% dengan kriteria sangat layak, menurut hasil dari validasi ahli media yaitu 71,66% dengan kriteria layak,dan menurut hasil coba angket respon guru sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli media, ahli materi, guru, dan respon dari anak-anak, pop-up book ini dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa di TK Perintis Rejo Asri.
Keywords: Media Pembelajaran, Kemampuan Bahasa, Pop-Up Book
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:32 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10625 |
Actions (login required)
View Item |