Sari, Nita Kurnia (2024) Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Pada Jamaah Haji Lanjut Usia Di Kementerian Agama Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Nita Kurnia Sari - 2103040008 - MHU.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penyelenggaraan ibadah haji menjadi momentum penting bagi pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas layanan terutama bagi jemaah lansia. Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat untuk menunaikan ibadah haji dan bertambahnya masa tunggu yang semakin panjang, hal ini pun akhirnya membuat kekhawatiran terhadap jemaah lansia. Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk menyelenggarakan haji, memberikan perhatian khusus kepada jemaah haji lansia dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan lainnya. Permasalahan dari penelitian ini adalah strategi peningkatan kualitas layanan pada jamaah haji lanjut usia di Kementerian Agama Lampung Selatan. Peneliti berusaha mengungkapkan pelayanan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Lampung Selatan dalam meningkatkan kualitas layanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan sifat penelitian deskriptif kulitatif dengan mencari data langsung di lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer hasil wawancara dari Kementerian Agama Lampung Selatan dan dokumentasi dari lapangan, sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari literatur-literatur dan bacaan lainnya yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa strategi peningkatan kualitas layanan jamaah haji lanjut usia yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Lampung Selatan sudah memenuhi dimensi pelayanan yaitu bukti fisik (tangible), daya tangkap (responsiveness) dan perhatian (empaty) hanya saja pada dimensi kehandalan (reliability) dalam menyampaikan informasi penting sampai ke jamaah lansia dengan jelas dan jaminan (assurance) keamanan terkait pengawasan terhadap jamaah lanjut usia perlu untuk ditingkatkan kembali.
Kata Kunci: Strategi, Kualitas Layanan, Jamaah Lansia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:32 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10626 |
Actions (login required)
View Item |