Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PKK Margoasih II Lampung Timur

Mamikat, Citra (2024) Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PKK Margoasih II Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Citra Mamikat - 2001041004 - PIAUD.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Buku cerita bergambar bermanfaat sebagai sarana pembelajaran maupun sebagai sumber belajar yang mudah ditemukan. Melalui buku tersebut guru dapat menjadikan media pendukung dalam pembentukan karakter gemar membaca anak. Buku cerita bergambar guna menyampaikan isi cerita disertai dengan ilustrasi gambar. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai nilai karakter kepada anak yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan gemar membaca.

Pertanyaan penelitian yang peneliti lakukan ingin mengetahui bagaimana penerapan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca dan adakah faktor pendukung dan penghambat media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca. Tujuannya ingin mengatahui bagaimana penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca anak. Penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif lapangan. Dengan menggunakan sumber data primer dan skunder melalui metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Data untuk menguji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, guru dalam penerapan media buku cerita bergambar anak menunjukkan tingkat gemar membaca yang baik dan antusiasme dalam membaca buku cerita bergambar. Hal ini terlihat dari peningkatan membaca, pemahaman isi cerita, dan kemampuan menceritakan kembali cerita yang dibaca. Adapun faktor pendukung, sarana dan prasarana yang telah disediakan sebagai alat untuk menumbuhkan karakter gemar membaca anak. Seperti terdapat pojok baca yang berada di kelas, bahan bacaan yang variatif, dan motivasi guru. Sedangkan faktor penghambatnya, kurangnya akses buku saat dirumah, lingungan yang tidak kondusif, dan ketergantungan pada media digital yang bisa menganggu minat membaca pada anak.

Kata Kunci : Buku Cerita Bergambar, Karakter Gemar Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:33
Last Modified: 07 Jan 2025 08:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item