Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Course Riview Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SDN 4 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

Fatimah, Siti (2019) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Course Riview Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SDN 4 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI FATIMAH.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas 5 SDN 4 KotagajahKabupatenLampungTengah masih rendah. Ini dimungkinkankarena kurang fokusnya siswa, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan kurang tertarik terhadap metode yang digunakan guru.Oleh karena itu perlu upaya perbaikan pembelajaran dikelas.Adapun tujuan dari penelitian ini adalahuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 5 SDN 4 KotagajahKabupatenLampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan suatu proses yang meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus,pada setiap siklus 3 kali pertemuanterdiri dari 3 jam pelajaran (3x35menit). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 4 Kotagajah Lampung Tengah dengan jumlah 28 siswa, yang meliputi 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Jenis instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes (pre test dan post test), lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data kuantitatif melalui tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkanhasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari 46,42% pada siklus I dan pada siklus IImenjadi 96,42%atau mengalami selisihsebesar50%.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horaydapat meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran IPSSiswa SDN 4 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:22
Last Modified: 17 Jan 2020 03:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item