Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Ensiklopedia Digital Pada Pelajaran Ekosistem Berbasis Kurikulum Merdeka

Tristiyono, Dicky (2024) Pengembangan Ensiklopedia Digital Pada Pelajaran Ekosistem Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5 (2): 1. pp. 53-65. ISSN 2721-0308

[img] PDF
ARTIKEL DICKY TRISTIYONO - 2101081009 - Tadris Biologi.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Ensiklopedia adalah media belajar yang di dalamnya terdapat informasi, definisi, serta terdapat gambar dan video yang menarik. Hal ini sesuai dengan kurikulum merdeka yang memiliki karakteristik mengikuti gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran ensiklopedia pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka, 2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran ensiklopedia pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka, 3) Mengetahui respons guru dan siswa terhadap pengembangan ensiklopedia digital pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Dan Evaluation. Hasil penelitian adalah produk pembelajaran dalam bentuk Ensiklopedia digital yang telah melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba dari respons guru dan respon siswa. Evaluasi persentase menunjukkan bahwa ensiklopedia ini tergolong “sangat baik”, dengan persentase validasi materi 87%, validasi media 85%, respons guru 94% dan respons siswa 84,4%. Hal ini menunjukan bahwa ensiklopedia ini sangat layak digunakan.

Kata kunci: Kurikulum Merdeka; Ensiklopedia; Ekosistem.

Item Type: Article
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:34
Last Modified: 07 Jan 2025 08:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item