Tristiyono, Dicky (2024) Pengembangan Ensiklopedia Digital Pada Pelajaran Ekosistem Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5 (2): 1. pp. 53-65. ISSN 2721-0308
PDF
ARTIKEL DICKY TRISTIYONO - 2101081009 - Tadris Biologi.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Ensiklopedia adalah media belajar yang di dalamnya terdapat informasi, definisi, serta terdapat gambar dan video yang menarik. Hal ini sesuai dengan kurikulum merdeka yang memiliki karakteristik mengikuti gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran ensiklopedia pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka, 2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran ensiklopedia pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka, 3) Mengetahui respons guru dan siswa terhadap pengembangan ensiklopedia digital pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Dan Evaluation. Hasil penelitian adalah produk pembelajaran dalam bentuk Ensiklopedia digital yang telah melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba dari respons guru dan respon siswa. Evaluasi persentase menunjukkan bahwa ensiklopedia ini tergolong “sangat baik”, dengan persentase validasi materi 87%, validasi media 85%, respons guru 94% dan respons siswa 84,4%. Hal ini menunjukan bahwa ensiklopedia ini sangat layak digunakan.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka; Ensiklopedia; Ekosistem.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:34 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10632 |
Actions (login required)
View Item |