Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa Mts Ma`Arif 1 Punggur

Ngalimansyah, Alfan (2024) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa Mts Ma`Arif 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ALFAN NGALIMANSYAH.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah tidak hanya berfungsi sebagai pengembangan minat dan bakat siswa, tetapi juga sebagai sarana penting untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan. Di MTs Ma’arif 1 Punggur,
ekstrakurikuler hadroh dipilih sebagai upaya untuk menciptakan suasana religius dan menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa, terutama di tengah tantangan lingkungan sosial yang kurang mendukung. Salah satu isu yang dihadapi adalah adanya pengaruh budaya seperti pertunjukan musik dangdut yang dapat mengganggu moralitas siswa. Dengan lantunan syair sholawat, dzikir, dan nilai keagamaan dalam seni hadroh, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh di MTs Ma’arif 1 Punggur dan mengidentifikasi peran kegiatan tersebut dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer meliputi 1 pembina ekstrakurikuler hadroh, 2 siswa peserta hadroh, dan kepala MTs Ma’arif 1 Punggur sebagai data sekunder. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh berjalan secara rutin dan melibatkan siswa secara aktif dalam latihan serta pertunjukan. Kegiatan hadroh juga berperan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam, baik nilai i’tiqodiyah seperti penanaman nilai tauhid melalui syair-syair yang dilantunkan dalam kegiatan ekstrakurikuler hadroh, nilai khuluqiyah seperti penanaman nilai moral positif, akhlak, serta adab melalui syair- syair yang dilantunkan serta pengajaran dari pembimbing dalam kegiatan ekstrakurikuler hadroh. Selain itu, nilai amaliyah ibadah seperti penanaman sholat lima waktu oleh pembimbing dengan cara mengajarkan serta memberikan contoh kepada siswa, serta penanaman sikap kerjasama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari amaliyah muamalah siswa. Keterlibatan siswa dalam hadroh membantu mereka menjadi individu yang lebih berakhlak mulia dan dekat dengan ajaran agama. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler hadroh berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada siswa MTs Ma’arif 1 Punggur.
Kata kunci : Ekstrkurikuler, Hadroh, Nilai Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:35
Last Modified: 07 Jan 2025 08:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item