Azizah, Atiqah Nur (2024) Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Min 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Atikah Nurazizah.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan di MIN 1 Lampung Timur didapati beberapa masalah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yaitu peserta didik kurang aktif dalalm mengikuti pembelajran kemudian kurangnya kerjasama peserta didik adapun soft skill peserta didik yang kurang terbangun dan kurangnya kepercayaan peserta didik saat pembelajaran.
Berdasarkan masalah tersebut dapat ditarik rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan pembelajaran IPAS dengan menggunkan model kooperatif tipe STAD dikelas V MIN 1 Lampung Timur dan Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 1 Lampung Timur. Kemudia adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu Untuk menerapkan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada pembelajaran IPAS kela V MIN 1 Lampung Timur dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas V MIN 1 Lampung Timur dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).
Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dokumentasi, observasi dan wawancara. Peneliti bertindak sebagai kolaborator, pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran IPAS Kelas V MIN 1 Lampung Timur. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai 56,6%, dan pada siklus II
mencapai 86,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran IPAS pada peserta didik kelas V MIN 1 Lampung Timur dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:31 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10636 |
Actions (login required)
View Item |