Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SMA Muhammadiyah 2 Metro

Oktavani, Erlisa (2024) Peran Guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SMA Muhammadiyah 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Erlisa Oktavani - 2101013006 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Peran guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sangatlah penting bagi peserta didik. Sebagai tugas guru dan tanggungjawab seorang pembimbing harus mengetahui tingkat kemampuan peserta didik. Berkenaan dengan ini peran guru BTQ merupakan lembaga pertama yang mengajarkan, mencontohkan dan membina bagi peserta didik. membaca Al Qur’an adalah suatu ibadah yang sangatlah jarang dibaca oleh anak-anak pada zaman sekarang, karena dijaman modern sekarang ini anak-anak lebih memilih untuk membaca/bermain handphone daripada membaca Al-Qur’an.

Pertanyaan penelitian yaitu 1. Bagaimana peran guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. 2. Apa saja kendala yang dihadapi dalam pembelajaran peran guru Baca Tulis Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pembelajaran peran guru Baca Tulis Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian yaitu deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi vii dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yaitu (1) Peran guru BTQ telah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah guru sebagai pembimbing dan sebagai fasilitator untuk siswa agar siswa bisa lebih aktif lagi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa yaitu perbedaan kemampuan siswa, motivasi yang rendah, keterbatasan sarana, dan waktu pembelajaran yang singkat. Begitupun kendala yang hadapi siswa kesulitan dalam menghafal Al-Quran dan memahami tajwid. (3) kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu guru BTQ telah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa dari segi kelancaran melafadzkan makhorijul huruf, serta dapat menerapkan hukum-hukum tajwid dan dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:32
Last Modified: 07 Jan 2025 08:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item