Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Rahmasari, Siti (2018) Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI RAHMASARI NPM. 13105865.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur yang dapat dilihat dari hasil ulangan harian semester ganjil jelas bahwa siswa yang memiliki kriteria belum tuntas sebanyak 52%, sedangkan kriteria tuntas 48%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Metro Timur terutama pada mata pelajaran IPS sangat rendah. Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam menentukan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dilakukan hasil belajar rendah diakibatkan karena kurangnya Aktivitas siswa di SD N 1 Metro Timur tersebut masih bersifat pasif. Dalam proses pembelajaran Siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan siswa hanya main-main atau tidak menyimak saat guru menjelaskan materi. Perhatian siswa rendah dan tidak fokus saat guru sedang menjelaskan materi, Siswa tidak berpartisipasi saat proses pembelajaran seperti mengemukakan pendapat dan bertanya kepada guru, pemahaman siswa rendah terlihat dari nilai hasil belajar rendah pada siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS, hasil belajar siswa rendah hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai kkm.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode cooperative learning tipe guided note taking dapat meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018?. Adapun tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran IPS dan untuk mendeskripsikan penerapan metode cooperative learning tipe guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Metro Timur.

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiridari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisisdengan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe guided note takingpada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 1 Metro Timur dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase ketuntasan Aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I 57% dan pada siklus II 100%. terjadi peningkatan persentase ketuntasan Aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 43%.Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 57%, Pada siklus II 100% dan terjadi peningkatan sebesar 43 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:26
Last Modified: 17 Jan 2020 03:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item