Sa’diyah, Aslihatus (2024) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Di SD Negeri 01 Sidomekar Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ASLIHATUS SA'DIYAH - 2101011012 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa belum dapat menjalankan nilai karakter yang telah diajarkan oleh guru. Berikut beberapa nilai karakter yang belum dijalankan oleh siswa yaitu siswa belum konsisten ketika berdo’a dikelas, siswa kurang dapat menghargai guru dan siswa masih kurang dalam menerapkan sopan santun serta sikap islami dalam perkataan dan perbuatan. Pertanyaan pada penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Di SD Negeri 01 Sidomekar Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang.?”
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitianya yaitu deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitian sebagai sumber primer yaitu guru PAI BP dan siswa kelas V kemudian sumber sekunder yaitu wali kelas dan kepala sekolah SD Negeri 01 Sidomekar Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter siswa kelas V di SD Negeri 01 Sidomekar Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang sudah baik, guru sudah berperan sebagai pengajar seperti mengajar siswa untuk berdo’a sebelum belajar, sebagai pembimbing yaitu guru membimbing siswa dalam kegiataan praktek sholat 5 waktu dan sebagai teladan melalui kegiataan santunan anak yatim. Guru juga telah dapat membentuk karakter beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia dalam kegiataan pembelajaran dikelas dan kegiataan-kegiataan islami disekolah. Hal ini dapat dilihat dari adanya tanggung jawab dan mandiri siswa dalam berdo’a, semangat dalam belajar dan mengerjakan PR, kepahaman siswa terkait bacaan yang dibaca dalam ibadah sholat meningkat, munculnya kesadaran diri ketika diingatkan, sikap sopan santun siswa meningkat, timbulnya rasa senang dalam mengikuti kegiataan disekolah dan munculnya sikap peduli. Proses peningkatan kearah positif dari upaya peran guru dalam membentuk karakter siswa terus mengalami peningkatan. Siswa yang sebelumnya banyak melakukan karakter yang tidak baik lambat laun berkurang dan mulai mengalami perubahan.
Kata Kunci: Peran, Guru PAI BP, Membentuk Karakter
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:26 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10640 |
Actions (login required)
View Item |