Firjanah, Rusy Dina (2024) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Di Kelas V SDN 1 Kedaton Dua. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RUSY DINA FIRJANAH - 2101030026 - PGMI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas V SDN 1 Kedaton Dua, diketahui bahwa 79% hasil belajar siswa yang belum tuntas berdasarkan nilai ulangan harian Matematika. Hal tersebut terjadi karena siswa merasa bosan pada saat pembelajaran, sehingga membuat siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V yang berjumlah 28 siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dikelas V SDN 1 Kedaton Dua?”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 1 Kedaton Dua.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa mengalami peningkatann dari siklus I ke siklus II. Hasil posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh sebesar 47,50% sebanyak 8 siswa yang telah mencapai KKTP. Sedangkan pada siklus II hasil posttest diperoleh ketuntasan sebesar 72,14% sebanyak 20 siswa yang telah mencapai KKTP. Hasil analisis dapat menunjukkan bahwa adanya peningkatan presentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 24,64%. Hasil penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan sebesar ≥60% diakhir siklus. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 1 Kedaton Dua.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:45 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10641 |
Actions (login required)
View Item |