Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas V MIS Al-Qur’an Tempuran Lampung Tengah

Wati, Esti Rahma (2024) Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas V MIS Al-Qur’an Tempuran Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ESTI RAHMA WATI - 2101011029 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur'an adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat mulia, setiap orang pasti bisa menghafal, akan tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Problema yang dihadapi bermacam- macam. Mulai dari pengembangan minat, penciptaan lingkungan, pembagian waktu sampai pada metode menghafal itu sendiri. di MIs Al-Qur'an menerapkan kegiatan menghafal Al-Qur'an untuk menunjang nilai hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an Hadist. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MIs Al-Qur'an nilai hasil belajar pada mata pelajaran tersebut ditunjang dengan nilai hafalan Al-Qur'an. akan tetapi tidak semua yang memiliki hafalan banyak nilai hasil belajarnya tinngi begitu pula sebaliknya Sehingga masih terdapat beberapa peserta didik yang nilai hasil belajarnya masih dibawah KKTP.

Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Angket dan Dokumentasi. Populasi yang penulis ambil adalah seluruh siswa kelas V A dan B sebanyak 43 siswa, yang terdiri dari 20 siswa dan 23 siswi, penelitian ini adalah penelitian populasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A dan B sebanyak 43 siswa. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment untuk mengetahui taraf signifikansi antara variabel (x) dan (y) yang di konsultasikan dengan tabet yaitu menggunakan taraf signifikan 5%.

Setelah di analisa ternyata r hitung lebih besar dari pada r tabel, dimana r hitung sebesar 0.982 dan r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0.308. Ini menunjukkan bahwa Ha di terima, hal tersebut ditunjukkan pada Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas V Mis Al-Qur’an Tempuran Lampung Tengah.

Kata Kunci: Kemampuan menghafal Al-Qur’an, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:15
Last Modified: 13 Jan 2025 06:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10647

Actions (login required)

View Item View Item