Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Depokrejo Kec. Trimurjo Tahun Pelajaran 2017/2018

Zanah, Insiyah (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Depokrejo Kec. Trimurjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI INSIYAH ZANAH 13105285.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1Depokrejokarena 70% siswa masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Hal ini disebabkan belum adanya proses pembelajaran yang inovatif dilaksanakan dalammenggunakan model pembelajaran yang optimal dan bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil belajaryangbelum mencapai KKM.Diperlukan adanya penelitian sebagai upaya untuk membantu memperbaiki nilai dari hasil belajar siswa yang rendah.. Model pembelajaran yang penulis akan terapkan bertujuan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Model yang digunakan oleh penulis adalah TSTS (Two Stay Two Stray).

Rumusan masalah pada skripsi ini adalah pada permasalahan di atas maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah penggunaan model pembelajaran TSTS(Two Stay Two Stray)dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Depokrejo Kecamatan Trimurjo Tahun Pelajaran 2017/2018”?.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPSsiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TSTS(Two Stay Two Stray)padasiswa kelas V Sekolah DasarNegeri 1 Depokrejo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengamati kegiatan guru mengajar dan lembar observasi untuk belajar siswa. Dan tehnik pengumpulan data berupa pre tes dan pos tes untuk mengetahui hasil belajar siswa..Hasil penelitian penulis dengan Model TSTS (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasilbelajar siswa yang tuntas pada siklus I berjumlah 66,66% dan mengalami peningkatan 88,88%pada siklus II sehingga presentasenya naik menjadi 22,22%. Dalam hal ini berarti hasil belajar siswa sudah mencapai target yang ditentukan yaitu siswa yang memenuhi KKM 70 yang berarti tuntas mencapai 70% dan ternyata di akhir siklus mendapat hasil sebesar 88,88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:30
Last Modified: 17 Jan 2020 03:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item