Hasanah, Dara Fatikha Sabila (2025) Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 6 Metro. Biodik, 10 (1): 3. pp. 15-24. ISSN 2580-0922
PDF
ARTIKEL DARA FATIKHA SABILA HASANAH - 2101081007 - Tadris Biologi.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan pendidik untuk memenuhi kebutuhan belajar tiap peserta didik, seperti minat, profil belajar, dan kesiapan peserta didik supaya memperoleh hasil belajar optimal. Tujuan dilaksanakan penelitian ini guna mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Biologi di kelas X IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian data deskriptif seperti tulisan, perkataan dan perilaku yang perlu dilihat. Penelitian ini diaksanakan dipeserta didik kelas X SMA N6 Metro. Informasi penelitian diperoleh dari guru sebagai subjek dan peserta didik kelas X IPA sebagai objek. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan di kelas X SMAN 6 Metro memberikan dampak positif untuk peserta didik dan guru. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan yaitu berdiferensiasi proses dan produk. Teknik pengumpulan data dalam penellitian ini melalui wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian yang didapatkan menyatakan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak di Kota Metro bisa dilangsungkan melalui pembelajaran proyek atau P5.
Kata kunci: Pembelajaran berdiferensiasi,kebutuhan,keaktifan peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:20 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10651 |
Actions (login required)
View Item |