Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Penggunaan Marketplace Pada Penjualan Produk Hampers Di Aurora Store

Maghfiroh, Lutfah (2024) Dampak Penggunaan Marketplace Pada Penjualan Produk Hampers Di Aurora Store. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUTFAH MAGHFIROH - 2003010035 - ESY.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, sebagai dampak dari globalisasi, telah merambah berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis. Internet dan teknologi informasi kini menjadi fondasi penting dalam kehidupan modern, terutama di sektor e-commerce. Marketplace, seperti Shopee, memainkan peran utama dalam mendukung transaksi jual beli online. Aurora Store, sebagai salah satu UMKM, memanfaatkan Shopee untuk menjual produk hampers dan mahar. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis dampak penggunaan Shopee terhadap penjualan produk di Aurora Store.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan Shopee terhadap penjualan produk hampers di Aurora Store. Sifat Penelitian ini yaitu Deskripif Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan beberapa informan terkait pengelolaan digitalisasi produk, pembelian produk, dan juga dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee memberikan dampak positif yang signifikan bagi Aurora Store, terutama dalam hal peningkatan jangkauan pasar, kemudahan transaksi, serta akses kepada promo-promo yang menarik seperti diskon dan gratis ongkir. Namun, terdapat juga dampak negatif yang perlu diperhatikan, seperti persaingan harga yang ketat dengan penjual lain dan tantangan dalam pengelolaan pesanan yang besar, terutama selama periode promosi besar seperti Harbolnas. Penelitian ini menyarankan agar Aurora Store meningkatkan manajemen stok, memperbaiki proses pengelolaan pesanan, dan memanfaatkan lebih banyak fitur interaktif serta meningkatkan promosi melalui review visual di Shopee untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya tarik produk.

Kata Kunci : Dampak, Marketplace, Shopee, UMKM, Aurora Store

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:24
Last Modified: 13 Jan 2025 06:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item