Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Dengan Strategi Cooperative Learning Jenis TGT (Teams Games Tournament)

Zulfa, Fitriatul Lydia (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Dengan Strategi Cooperative Learning Jenis TGT (Teams Games Tournament). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FITRIATUL LYDIA ZULFA - 2001030010 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDIT Bumi Sholawat, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih jauh dari KKTP yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila yaitu kurang nya peserta didik dalam memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, ada 4-6 peserta didik yang mengobrol saat guru menjelaskan, dan belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Sehingga peserta didik kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru yang berakibat rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila (PP) di kelas IV.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDIT Bumi Sholawat.Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDIT Bumi Sholawat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila tahun Pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 15 Peserta Didik yang terdiri dari 3 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKTP pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi menjelajah lingkungan tempat tinggalku pada postest siklus I adalah 60%, sebanyak 6 siswa tidak tuntas dalam KKTP.dan materi mendapatkan hak dan kewajiban padapostest siklus II terjadi peningkatan sebesar 93% menjadi 33%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 70%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila SDIT Bumi Sholawat.

Kata kunci:Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Teams Games Tournament, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:26
Last Modified: 13 Jan 2025 06:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item