Helmayanti, . (2024) Pengaruh Model Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching And Learning ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN 04 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI HELMAYANTI - 2001030011 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana penting dalam melahirkan dan mencetak sumber daya manusia ya2ng berkualitas. Berdasarkan hasil observasi di SDN 04 Metro Barat, guru sudah berusaha disiplin dan menggunakan berbagai cara agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, akan tetapi masih terdapat siswa yang kurang bersemangat dan terkesan monoton saat proses belajar mengajar dimana hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan serta menggunakan metode yang bervariasi, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar IPA pada materi magnet dan listrik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design, sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 221 siswa SDN 04 Metro Barat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian di SDN 04 Metro Barat dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar IPA pada materi magnet di SDN 04 Metro Barat
Kata Kunci : model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil Belajar, Magnet dan Listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:46 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10663 |
Actions (login required)
View Item |