Astuti, Deni (2024) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV MIS Miftahul Huda Tunggul Pawenang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SKRIPSI DENI ASTUTI - 2001030005 - PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika materi pecahan kelas IV MIS Miftahul Huda Tunggu Pawenang serta untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pemahaman konsep matematika materi pecahan kelas IV MIS Miftahul Huda Tunggu Pawenang. Pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah dasar merupakan fondasi penting dalam pengembangan kemampuan berpikir logis dan analitis. Salah satu materi penting yang harus dikuasai oleh siswa adalah pecahan. Materi ini tidak hanya krusial untuk memahami matematika lebih lanjut, tetapi juga memiliki aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam perhitungan, pengukuran, dan pembagian.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Miftahul Huda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis kemudian data dianalisis menggunakan triangulasi dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajran matematika materi pecahan kelas IV di MIS Miftahul Huda Tunggul Pawenang dapat dikategorikan sudah baik. Terdapat 18 (85%) dari 21 siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, Terdapat 12 (57%) dari 21 siswa mampu mengklasifikasikan konsep berdasarkan sifat sifatnya, dan 17 (80%) dari 21 siswa dapat memberi contoh dari suatu konsep. Dari nilai hasil pemahaman siswa pada materi pecahan menunjukan bahwa lebih banyak siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata minimum yaitu 13 siswa sedangkan siswa yang memiliki nilai dibawah rata-rata mnimum yaitu 8 siswa . 2) Faktor pendukung dan pemahaman konsep siswa: faktor pendukung yaitu: a) Faktor Internal, b) Faktor Eksternal, c) Faktor Pendekatan Belajar. Faktor Penghambat yaitu: a) Kurangnya antusis dan giat belajar siswa, b) Lingkungan sekitar yang kurang mendukung, dan c) Kurangnya perhatian orang tua.
Kata kunci: Matematika, Materi Pecahan, Pemahaman Konsep Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:11 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |