Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Di TPQ Desa Ratna Daya, Kecamatan Raman Utara

Farhan, Zakaria (2024) Pengaruh Penggunaan Media Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Di TPQ Desa Ratna Daya, Kecamatan Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Zakaria Farhan - 2101011104 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Media iqra’ merupakan salah satu perangkat pembelajaran membaca huruf hijaiyah yang sangat terkenal di Indonesia, terutama karena kesederhanaan dan kepraktisannya yang membuatnya banyak digunakan di berbagai lembaga pendidikan. Di Desa Ratna Daya, Kecamatan Raman Utara, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) berperan sebagai lembaga pendidikan informal yang strategis dalam membantu anak-anak mempelajari huruf hijaiyah. Guru-guru di TPQ menggunakan media iqra’ sebagai sarana utama dalam proses pengajaran membaca huruf hijaiyah, dengan harapan dapat membantu anak-anak belajar membaca dengan baik dan benar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Penggunaan Media Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Di TPQ Desa Ratna Daya, Kecamatan Raman Utara?” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media iqra’ terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak di TPQ Desa Ratna Daya, Kecamatan Raman Utara.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 46 sampel anak yang berasal dari tiga TPQ di desa Ratna Daya. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis pada program SPSS versi 25.0. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi pada media iqra sebesar 0,395 (> 0,05) dan pada kemampuan membaca huruf hijaiyah 0,200 (>0,05), yang berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas menghasilkan nilai signifikansi 0,878 (> 0,05), sehingga data dinyatakan homogen. Uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 7,237 > 1,679, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji pengaruh variabel X dan Y mendapatkan R Square sebesar 0,762 yang berarti 76,2% variabel kemampuan membaca huruf hijaiyah dipengaruhi oleh variabel media iqra’ sedangkan selebihnya dipengaruhi faktor lain.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada pengaruh sebesar 76,2% penggunaan media iqra’ terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak di TPQ Desa Ratna Daya, kecamatan Raman Utara. Oleh karena itu sangat penting untuk benar-benar memaksimalkan media iqra’ agar dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak.

Kata Kunci: Media Iqra’, Membaca Huruf Hijaiyah, TPQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:50
Last Modified: 22 Jan 2025 01:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10679

Actions (login required)

View Item View Item